Kamis, 04 April 2013

Mesin Kompresi Tinggi Wajib Konsumsiii....???


Bahan bakar merupakan suatu komponen sangat penting dalam sebuah motor bakar, termasuk di dalamnya sepeda motor. Sebenarnya setiap motor ada jenis bahan bakar yang halal atau layak untuk di konsumsi.dan tidak sembarangan dalam memberi bahan bakar.
Contoh:
·       Yamaha vixi-on dengan rasio kompresi (1:10,4) dianjurkan menggunakan   pertamax/petamax plus…
·      Satria fu dengan rasio kompresi (1:10.2) dianjurkan pertamax
·      Jupiter dengan rasio lompresi (1:9,4) dianjurkan premium

Catatan:rasio kompresi bisa di lihat di buku petunjuk masing2 motor

Nah dari contoh di atas pasti sudah tergambar hubungan antara rasio kompresi dan bahan bakar yang di gunakan.ya…benar,  semakin tinggi nilai kompresinya semakin tinggi pula kualitas bahan bakar yang di gunakan.
Mengapa demikian????
Mari kita bahas bersama-sama.

Seperti artikel terdahulu kita telah membahas dan berkenalan dengan kompresi.sedangkan bahan bakar untuk motor sendiri ada 3 jenis dan di dalam bahan bakar bensin tersebut ada sebuah nilai mutu yang membedakan, biasa di sebut ron (random octane number)... yuk kita bahas satu-satu.

1.    Premium
bensin jenis ini memiliki nilai ron atau oktan 88.di khususkan buat kendaraan ber kompresi rendah antara 1:7 sampai 1:10.
2.    Pertamax
nilai octannya 92.sedangkan pertamax di peruntukkan buat kendaraan berkompresi antara 1:10 keatas, bensin ini unleded atau tanpa timbal yang sangat cocok buat kendaraan yang menganut sistem injeksi.
3.    Pertamax Plus
jenis pertamax plus ini beroctan 95 telah memenuhi standart internasiobal
wwfc(world wide fuel charter).sangat di anjurkan buat mesin bertehnologi tinggi,misal injeksi,vvti (variable valve timingintelligen) dan turbochargers yang biasa terdapat pada mobil.selain itu bensin ini sangat di anjurkan buat mesin berkompresi di atas 10,5 keatas.

Nah sudah taukan sob… jenis bensin yang musti di berikan buat kendaraan kesayangan anda
terus alasan nya apa kok mesin berkompresi tinggi harus menenggak bensin beroktan tinggi ???


Gini sob….bensin yang beroktan tinggi memiliki titik bakar yang tinggi. Maksudnya semakin tinggi nilai oktannya, bensin tersebut semakin sulit terbakar begitu pula sebaliknya. Semakin rendah oktannya semakin mudah pula terbakar.Sedangkan mesin berkompresi tinggi memiliki titik panas yang tinggi ketimbang mesin berkompresi rendah.

Untuk lebih jelasnya gini...

Misal sebuah motor berkompresi tinggi, berarti mesin tersebut memiliki titik panas yang tinggi pula, nah untuk memasangkan mesin yang panas tentu di gunakan bensin yang tidak mudah terbakar atau beroktan tinggi.fungsinya agar bensin terbakar tapat pada waktunya.nah apabila mesin berkompresi tinggi tersebut di berikan bensin yang mudah terbakar atau bensin beroktan rendah,bisa di tebak bensin akan terbakar sebelum waktuya.

Akibat buruk yang di timbulkan apabila bensin terbakar sebelum waktunya adalah setang seher bisa mudah oplak(goyang) bahkan berakibat bengkok dalam pemakaian yang lama.
Sedangkan bila mesin berkompresi rendah menggunakan bensin beroktan tinggi maka bahan bakar tidak akan terbakar sempurna.karna mesin berkompresi rendah tidak begitu panas bila di bandingkan mesin berkompresi tinggi.akibatnya ruang bakar lebih mudah berkerak yang ditimbulkan dari tidak sempurnanya pembakaran.

Sampai disini pasti sobat sekalian sudah paham...?

Semakin tinggi kompresi sebuah kendaraan di pastikan motor tersebut lebih agresif dan lebih lincah akselerasinya,hingga banyak orang yang ngebelain untuk menaikkan nilai perbandingan kompresinya. Tapi taukah sobat….dibalik efek buruk mesin berkompresi tinggi buat motor harian anda..??!

Sumber : http://abangirengku.com/hubungan-kompresi-dan-bahan-bakar-2/

Sobri : Waduuh,... ane punya motor selalu nenggah premium nih soob,... gimana neeeh....???
Sobun : Nah, kalo sobri pengen menjaga mesin motor tetap awet dengan tetap menghemat pengeluaran, gunakan Bio Speed  sob,... aditif bensin/solar untuk kendaraan sobat yang berkompresi tinggi....
Sobri : Harganya... ???
Sobun : Murah banget sob dibanding produk laeen,.... Untuk 1 botol cuma Rp. 15.000, bisa dipake untuk 50 liter bbm.... jadi per liter kena Rp. 300,... dah sama kaya PERTAMAX.... cuma bio speed yang ngerti isi kantong kita....
Sobri : Oya... ? Cara penggunaan gimana sob...???
Sobun : Gini, cukup tetesin bio speed di bensin / solar di kendaraan sob... kalo make mobil, tuangin 1 tutup botolnya untuk 20 liter,.... lebih praktis.... pemakaian juga hemat  banget sooob... kalo sob selalu make premium yang oktannya rendah, tambahin bio speed ini soob,... pembakaran sempurna, cocok untuk mesin berkompresi tinggi... tarikan ringan, dan merawat mesin jugaaa...
Sobri : waaah... solusi juga tu sob,... beli di mana...? kita kan di Batam soob... ada yang jual gaaa...??
Sobun : Ya ada lah sooob,... gak "agan" sob kayanya neh... kontak aja 085364664567/ 081374747483/ 088807412440... pasti di konfirmasinya sob... mantepnya lagi pesennya COD sob....
Sobri : oya,...?  kalo mesen satu botol gimana...? rumah ane kan jauh di ujung batam,... lgian ane kan pulang malem soob... gimana tu...? 
Sobun : gampang itu mah sooob,... janjian ketemu aj.... pas lagi ga kerja janjian dimanaa gitu....
Sobri :  okre... ane coba telpon deeeh.... *dial 085364664567.... "maaf, anda tidak bisa melakukan panggilan ini, silahkan isi ulang kartu andaa....".... weleeeeeeeh.....


2 komentar: