Kamis, 11 April 2013

Penambah Oktan Bensin, Cara Cepat Atasi Kualitas BBM Jelek?






Jakarta - Bukan hal baru, kalau di Indonesia kualitas BBM-nya masih diragukan. Apalagi bila sudah berada di daerah-daerah luar Jakarta atau bahkan luar pulau Jawa. Akibatnya pada mesin mobil tentu tidak sembarangan.

Gejala paling umum, biasanya timbul gejala ngelitik, karena kadar oktan pada BBM tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan pada ruang bakar mesin. Sehingga lama-lama, mesin bisa rontok kalau terus dipaksakan pakai BBM berkualitas buruk.

Cara gampangnya tentu dengan mengisi BBM dengan kadar oktan lebih tinggi. Namun lagi-lagi, tidak semua daerah ada SPBU yang menyediakan bensin dengan oktan yang tinggi.

Sehingga, banyak orang beralih pada cairan peningkat oktan atau umumnya oktan booster. Di pasaran, sudah banyak produk-produk peningkat oktan yang semuanya mengaku bisa mengoptimalkan kadar oktan pada bahan BBM.

"Tapi, tidak semua produk tersebut berfungsi hanya sebagai peningkat oktan," ujar salah satu mekanik Naga Motor, Fauzan, ketika bengkelnya disambangi detikOto, di Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi Selatan.

Meskipun mungkin judulnya sama, yakni meningkatkan oktan bensin, tapi ada yang fungsinya sebagai deterjen yang membersihkan ruang bakar (Bio Speed), sehingga pembakaran kembali optimal, dan tenaga mesin normal lagi.

"Tapi kan karena biasa tidak ada tenaga, lalu karena ruang bakar bersih dari kerak, tenaga enak, dianggapnya, oktan bensin naik karena dicampur cairan tersebut," ujarnya.

Sehingga, Faujan menyarankan, akan lebih baik kalau pemilik mobil lebih memperhatikan kesehatan mesin mobilnya saja, dibandingkan memaksa dengan mencampur bensin dengan cairan peningkat oktan.

"Saat kebetulan produknya cocok, mungkin tidak masalah, tapi kan namanya bahan kimia, takutnya bisa berefek lain yang tidak terduga," paparnya.

Oleh karena itu, service rutin itu wajib dilakukan. Setidaknya untuk menjaga dan memastikan kondisi ruang bakar tetap bersih dari kerak hasil pembakaran tidak sempurna karena kualitas BBM buruk.

"Juga, pilih-pilih kalau mau ngisi bensin, jangan sembarang SPBU, kecuali kalau memang terdesak atau darurat saja," tutupnya.


Sumber : http://oto.detik.com/read/2010/04/08/140654/1334630/641/penambah-oktan-bensin-cara-cepat-atasi-kualitas-bbm-jelek



Untuk bisa mendapatkan produk Bio Speed Di Batam, silahkan hubungi
Fadli 085364664567 / 081374747483
FP Facebook : Bio Speed Batam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar