Minggu, 17 Maret 2013

Kerja Keras BioSolar Adalah Energi Kita

Akankah kita terus bergantung pada sumber energi fosil yang tidak bisa diperbaruhi (Unrenewable Energy)?? Sudah saatnya kita mulai intensif pada pengembangan sumber energi yang bisa diperbaruhi (Renewable Energy), besar harapan masyarakat indonesia kepada PT. Pertamina selaku produsen migas terbesar di indonesia untuk lebih intensif pada pengembangan Energi BioFuel dan Energi Terbarukan, suatu saat sumber energi fosil di indonesia akan habis dan dimana masa itu kian hari semakin mendekat. akan kah indonesia menggantungkan import migas untuk memenuhi kebutuhan migas dalam negerinya??
Salah satu kerja keras Pertamina di energi Biofuel saat ini adalah Bio-solar, yaitu bahan bakar diesel yang terbuat dari unsur Hayati-Nabati non fosil, Bio-solar tersebut mengandung 5% Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dan 95% solar murni bersubsidi. Sedangkan FAME sendiri diperoleh dari Minyak kelapa sawit (CPO) dan minyak pohon jarak pagar (CJCO) melalui proses transesterifikasi, Bio-solar memiliki keunggulan komparatif dibandingkan dengan bentuk energi lain. Bio-solar lebih mudah ditransportasikan, memiliki kerapatan energi per volume yang lebih besar, memiliki karakter pembakaran yang relatif bersih, serta ramah lingkungan. Ini adalah salah satu contoh bentuk pengabdian Pertamina yang perlu dukungan Intens dari pemerintah dan masyarakat untuk kemudian dapat ditingkatkan.
Strategi menghidupkan bahan bakar dari unsur Hayati non fosil seperti Bio-Solar ini berarti memanfaatkan kelebihan alamnya yang kaya dengan unsur Hayatinya, diharapkan PT. Pertamina dapat bekerja sama dengan PTPN dalam penyediaan CPO yang kemudian dikelola menjadi Bio-solar sebagai sumber energi baru. Tak mustahil, indonesia melalui PT. Pertamina kelak meng-Eksport Bio-solar ke negara – negara yang membutuhkan energi besar seperti China, AS dan India. Ini mimpi kita... ini Optimisme kita....
Ada langkah cerdas yang dilakukan bangsa-bangsa lain, mereka seperti mengerti kapan bersatu padu mengatasi masalah besar bangsa, kapan mereka berseberangan secara politik dengan pemerintah. Perahu yang bocor hanya akan menenggelamkan seluruh penumpang, oleh kerena itu sudah saatnya kita begandengan tangan untuk mengatasi masalah energi ini, perahu kita di sektor energi telah berlobang mari kita tutupi lobang itu bersama sama tanpa melihat perbedaan aliran politik dan faham.
kerja keras adalah energi kita” terharap dengan slogan baru itu PT. Pertamina dapat memberikan jaminan kepada masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan sumber energi kedepannya. Bertumpuh harapan di usia 52 tahunnya PT. Pertamina dapat lebih mengembangkan energi Bio-solarnya.

Sumber : http://politik.lintas.me/go/pingugoblog.blogspot.com/kerja-keras-biosolar-adalah-energi-kita/1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar