Selasa, 19 Maret 2013

TIPS n TRIK Menghemat Pemakaian Bahan Bakar

  TIPS n TRIK MENGHEMAT PEMAKAIAN BAHAN BAKAR

Pemerintah berencana akan menaikkan harga Bahan Bakar, entah cepat atau lambat. Disitu kita dituntut lebih bijak dalam penggunaan Bahan Bakar. Sebagai Mahasiswa Otomotif (yang notabenya merupakan jurusan yang sangat dekat dengan pemakaian Bahan Bakar) kami memiliki beberapa Tips dan Trik yang mungkin dapat menjadi masukan bagi anda. Tips dari kami sebenarnya tidak menjurus pada modifikasi atau mengubah standar  teknis pada mesin, karena standar pabrikan telah didesain sedemikian rupa agar seefisien mungkin. Namun disini kami memberi Tips yang sifatnya lebih pada non teknis.
Berikut Tips and Trik dalam menghemat konsumsi bahan bakar anda:

1.     Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan
Menjalankan kendaraan tanpa memanaskan mesin terlebih dulu, akan membuat pembakaran tidak ideal karena mesin belum mencapai temperatur kerja. Bahan bakar cenderung boros karena terbuang sia-sia, selain itu juga menimbulkan emisi gas buang yang cukup tinggi akibat pembakarannya tidak sempurna.

2.     Menjaga Putaran Mesin Tetap Stabil
Setiap kendaraan memiliki putaran mesin atau torsi maksimal yang berbeda-beda tergantung jenis mesinnya. Coba anda lihat berapa rpm torsi maksimal pada spesifikasi kendaraan anda. Pada kecepatan itulah kendaraan anda berjalan dengan pemakaian bahan bakar yang paling efisien.

3.     Menjaga Kecepatan Konstan
Ini berhubungan dengan cara kita mengendarai kendaraan. Pengereman dan akselerasi mendadak selalu membutuhkan energi yang besar. Usahakan saat mengendarai kendaraan, baik saat gas, rem dan membelokkan kemudi dilakukan dengan lembut, itu akan memberikan kontribusi penghematan BBM.

4.     Jangan Terlalu Membebani Kendaraan
Secara teori, konsumsi bahan bakar kendaraan yang dikemudikan orang gemuk akan lebih boros ketimbang orang yang kurus (pada jenis kendaraan yang sama), karena tenaga mesin yang digunakan untuk akselerasi akan lebih besar sehingga konsumsi bahan bakar juga akan lebih tinggi. Jadi, bawalah barang-barang yang penting saja saat berkendara untuk mengurangi beban mesin.

5.    Engine Braking
Cara penghematan ini paling tepat dilakukan. Biasakan melakukan engine braking saat memperlambat kendaraan. Caranya, lepas gas tanpa memasukkan gigi ke netral terlebih dahulu. Cara ini akan menghentikan total suplai bensin ke mesin. Berbeda jika transmisi dimasukkan ke netral, bensin masih disuplai untuk menjaga mesin tetap hidup.

6.   Memeriksa Tekanan Ban
Ban yang kurang angin dapat memboroskan BBM hingga 3 persen selain memperbesar risiko meletus. Saat tekanan ban kurang dari spesifikasi, banyak kerugian gesek terjadi antara ban dengan permukaan jalan sehingga terjadi pemborosan BBM disana.

7.    Pengisian BBM Saat Malam Hari
Saat malam hari, suhu dingin membuat partikel bensin dalam keadaan rapat, sehingga volume yang kita dapat pun jadi lebih banyak. Konon, ternyata 1 liter bensin di waktu-waktu tersebut, lebih banyak dibanding kita membeli 1 liter bensin di siang hari. Coba anda bandingkan.

8.    Kondisikan Tangki Bahan Bakar Dalam Kondisi Penuh
Bila jarum fuel meter sudah berada di garis tengah, segeralah mampir ke SPBU terdekat untuk mengisi full tank. Sebab bila semakin banyak ruang kosong di tangki bensin, maka semakin besar kemungkinan bensin menguap di siang hari. Ibarat kolam kosong yang baru diisi, kotoran yang mengendap di bawah akan ikut terangkat dan mengotori mesin.

9.   Matikan Kendaraan Saat Berhenti Lama
Bila kendaraan berhenti lebih dari 2 menit baik ditepi jalan atau di traffic light, sebaiknya matikan mesin. Karena Bahan Bakar akan terus dipakai walaupun kendaraan dalam kondisi diam sekalipun. Akumulasi dari pemakaian bahan bakar tersebut akan lebih banyak ketimbang saat kendaraan distarter. Selain itu membiarkan mesin menyala dalam kondisi diam dalam jangka waktu yang lama akan menghasilakan polusi 20 kali lipat lebih banyak ketimbang saat melaju.

10. Servis Berkala
Perawatan kendaraan secara berkala akan menjadikan mesin tetap bersih dan menghindarkan dari residu pembakaran berupa kerak yang menempel pada bagian mesin kendaraan. Adanya kerak tersebut menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan berakibat borosnya konsumsi bakan bakar. Selain itu, busi yang aus, rem yang tidak berfungsi bagus, dan cairan transmisi yang rendah semua bisa mengganggu efisiensi bahan bakar.

11. Aplikasi Penghemat Bahan Bakar
Produk penghemat Bahan Bakar dapat dipakai untuk menekan konsumsi BBM. Saat ini, produk semacam itu bisa dengan mudah didapatkan di bengkel-bengkel. Jika anda menggunakan produk penghemat Bahan bakar, dimungkinkan bahan bakar bisa dihemat antara 20% - 30%.

12. Gunakan Kendaraan Seperlunya
Mesin kendaraan ternyata paling boros BBM serta paling mencemari lingkungan saat dalam tahap pemanasan. Menggunakan kendaraan bermotor atau mobil hendaknya untuk jarak jauh saja. Untuk jarak dekat baiknya cukup menggunakan sepeda yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Sumber : http://himaotomotifuny.blogspot.com/2012/04/tips-n-trik-menghemat-pemakaian-bahan.html

Untuk mendapatkan bahan bakar berkualitas tidak selalu mengeluarkan biaya besar, cukup dengan premium yang digunakan saat ini + Bio Speed 3 tetes/ liternya, karna secara cepat BioSpeed merubah struktur-struktur molekul sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna serta sangat efisien setara pertamax...
 
 
 Harga Masuk Akal....
  • Rp. 10 ribu untuk 30 liter premium / solar...
  • Rp. 15 ribu untuk 50 liter premium / solar... 
  • 1 box (isi 10 botol ) hanya 130 Ribu... 
Call / SMS 085364664567 untuk pemesanan....
(COD Khusus daerah Batam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar